Beasiswa Bidikmisi 2017
Beasiswa Bidikmisi 2017
Posted By: Admin Klik data Last Update :20 Februari 2017 20:54:14 Comments

Program  Bidikmisi  merupakan  salah  satu  program  unggulan  pemerintah  yang  pelaksanaannya sudah    dimulai  sejak  tahun  2010,  sampai  dengan  tahun  2016  ini  tercatat  lebih  dari  352    ribu mahasiswa yang telah memperoleh  Bantuan  Biaya Pendidikan  Bidikmisi, dari jumlah tersebut  sebanyak  87  ribu  telah  menyelesaikan  pendidikannya.  Jumlah  peminat  Program  Bidikmisi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun,  untuk tahun 2016 tercatat sebanyak  416.428  pelamar  tetapi  hanya    sekitar  75.000  saja    yang    bisa  diakomodir  karena keterbatasan anggaran pemerintah.

 Secara  umum  pelaksanaan  Program  Bidikmisi  telah  berjalan  dengan  baik,  sehingga  mampu meningkatkan  akses dan kesempatan belajar  di perguruan tinggi bagi peserta didik yang kurang mampu secara ekonomi akan tetapi mempunyai potensi akademi yang baik. Secara prestasi para mahasiswa Bidikmisi juga menunjukkan kemampuan akademik yang luar biasa dengan capaian IPK  lebih  dari  51%  mahasiswa  Bidikmisi  memperoleh  IPK  antara  3,0-3,5,  dan  lebih  dari  31  % memperoleh IPK > 3.5, serta 0.6 % mempunyai IPK 4,0. Namun demikian disadari pula bahwa masih terdapat kekurangan disana sini terutama dalam hal  pencairan pendanaan, masih banyak keluhan  mengenai  pencairan  dana  yang  tidak  tepat  waktu,  masih  ditemukan    yang  tidak  tepat sasaran,  serta  untuk  perguruan  tinggi  di  daerah  tertentu    jumlah  kuotanya  belum  sesuai  dengan kebutuhan.  Hal  ini  tentu  akan  menjadi  perhatian  dimasa  datang  agar  pelaksanaan  Program Bidikmisi bisa lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

 Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, sebagai salah Satu PTS Yang dipercaya Pemerintah sebagai Penyalur Beasiswa Bidik Misi 2017, membuka peluang bagi mahasiswa baru 2017 untuk dapat ikut serta dalam memperebutkan Beasiswa bagi  mahasiswa berprestasi. Salah satu persyaratan untuk dapat diterima dalam kepesertaan adalah Prodi calon mahasiswa Baru  adalah terakreditasi minimum B. Klik disini untuk melihat Daftar Program Studi dengan Akreditasi B di UMTS

Persyaratan:

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2017adalah sebagai berikut:

  1. 1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2017;
  2. 2. Lulusan tahun 2016 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
  3. 3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  4. 4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    •       a. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    •       b. Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan                     orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.
  5. 5. Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. 6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah

 

Download File Panduan Bidikmisi 2017

 

Comments
Leave a Reply
  • Name:
  • Email:
  • Messege:
  • 500 Character remaining

Top
  • Follows us our servcies