PP Muhammadiyah Bentuk Sistem Informasi Program Persyarikatan
PP Muhammadiyah Bentuk Sistem Informasi Program Persyarikatan
Posted By: Admin Klik data Last Update :29 Mei 2016 23:38:25 Comments

SLEMAN, MUHAMMADIYAH.OR.ID -- Saat ini terdapat berbagai program-program yang telah dijalankan oleh Lembaga maupun Majelis Persyarikatan Muhammadiyah, baik dalam kegiatan internal maupun eksternal. Informasi terkait dengan rancangan program maupun data-data Lembaga dan Majelis Persyarikatan Muhammadiyah tersebut tidak hanya dibutuhkan oleh pihak internal, namun pihak eksternal pun turut membutuhkan informasi tersebut.

Guna memusatkan informasi terkait dengan program-program yang tengah dirancang maupun telah dijalankan oleh majelis dan lembaga persyarikatan Muhammadiyah, Sekretariat PP Muhammadiyah melalui Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah membuat program Sistem Informasi Program Persyarikatan (SIPP).

Seperti diungkapkan oleh MuchlasMT, Ketua MPI PP Muhammadiyah dalam acara Workshop SIPP pada Sabtu (28/5) bertempat di Griya Persada Kaliurang, SIPP merupakan sebuah program yang dibentuk untuk membangun database program kerja masing-masing majelis, lembaga, dan unsur-unsur pembantu pimpinan lainnya di lingkugan PP Muhammadiyah.

“Program ini yaitu untuk memudahkan para kader-kader Muhammadiyah dalam mengakses segala program yang sedang dirancang oleh lembaga maupun majelis Muhammadiyah, selain itu berfungsi untuk memantau segala aktifitas yang dilakukan oleh lembaga dan majelis,”ungkap Muchlas.

Secara umum program yang telah dijalankan oleh lembaga dan majelis berjalan dengan baik, namun guna mendukung program tersebut dibutuhkan laporan kegiatan yang maksimal. “Bagi masing-masing majelis dan lembaga dapat secara transparansi melaporkan keuangan program yang telah dijalankan melalui sistem informasi tersebut, dan melalui program tersebut akan memudahkan para kader-kader memperoleh informasi secara cepat dan akurat,”tambah Wakil Rektor I Universitas Ahmad Dahlan ini.

Kembali ditambahkan oleh Muchlas program tersebut akan semakin memperkuat branding Muhammadiyah sebagai persyarikatan yang modern. “Melalui sistem ini akan membuktikan bahwa Muhammadiyah merupakan sebuah persyarikatan yang modern, hal tersebut dapat dibuktikan dengan bagaimana Muhammadiyah memanfaatkan teknologi dan informasi modern dalam segala aktifitasnya,”tambahnya.

Sementara itu Sekertaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengungkapkan, melalui sistem informasi ini akan mensinergikan program antar lintas lembaga dan majelis. “Melalui sistem ini nantinya diharapkan akan terjalin sinegritas antar lembaga dan majelis guna memegang kendali roda persyarikatan,”ungkapnya.

Lebih lanjutAgungDanarto mengatakan, tugas bagi masing-masing sekertaris majelis dan lembaga dalam menginput data-data rancangan kegiatan maupun laporan kegiatan yang telah terlaksana.

“Sekertaris di masing-masing lembaga dan majelis memiliki tanggung jawab untuk melaporkan segala bentuk aktifitas lembaga dan majelisnya ke sistem informasi ini, dan sudah sepatutnya bagi masing-masing sekertaris memiliki data yang lengkap dan akurat terkait dengan aktifitas majelis maupun lembaganya,”tutupnya.

 

Redaktur: Adam Qodar

Comments
  • tes

    Tes kommen

  • Leave a Reply
    • Name:
    • Email:
    • Messege:
    • 500 Character remaining

    Top
    • Follows us our servcies