Workshop Pembelajaran Mewujudkan Dosen yang Profesional
Workshop Pembelajaran Mewujudkan Dosen yang Profesional
Posted By: Admin Klik data Last Update :15 Agustus 2016 12:08:53 Comments

UMTS, PADANGSIDIMPUAN—Upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) menyelenggarakan workshop pembelajaran dosen dengan thema; Workshop Pembelajaran Mewujudkan Dosen yang Profesional. Kegitan ini  berlangsung selama dua hari dimulai dari tanggal 10-11 Agustus yang di ikuti 76 peserta, berlangsung di Ruang Seminar UM-Tapsel.

 

Kegiatan ini bertujuan agar dosen  lebih paham tentang proses pembelajaran, yang nantinya mampu menciptakan sarjana-sarjana yang bisa berkompetisi di pasar kerja. Hal tersebut langsung dikemukakan Rektor UM-Tapsel Dra Muksana Pasaribu MA pada saat pembukaan workshop.“ Kalau nanti alumni kita bersaing dengan alumni Luar Negri dengan kemampuan yang pas-pasan, kita tidak bias bayangkan mungkin yang menjadi penentu di tempat kita ini adalah orang asing bukan orang dalam. Dosen harus berupaya bagai mana caranya agar lulusan UM-Tapsel adalah lulusan terbaik. Lulusan yang lahir dari tangan tangan dingin dosen yang berkualialitas, Dosen merupakan garda terdepan dalam menciptakan lulusan yang berkualitas”

 

Demi terwujudnya harapan tersebut, pihak UM-Tapsel mengundang tiga guru besar dari Universitas Negeri Medan yaitu Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, S.Sos, M.Pd, Prof. Amrin Saragih PhD, MA, DTEFL dan Prof. Dr. Mara Bangun Harahap, MS untuk memberikan pelatihan dan pemahaman dalam penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), model-model dan strategi pembelajaran dan penyusunan instrument pembelajaran

 

Tujuan dari penyusunan RPS tersebut  untuk mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses belajar mengajar. Dengan menyusun rencana pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka dosen akan mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana. RPS bertujuan sebagai acuan bagi dosen untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

 

Kegiatan workshop dibagi dalam tiga kelas yaitu, kelas MIPA yang terdiri dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Agroteknologi dan Peternakan dipandu oleh narasumber atau Fasilitator Prof. Dr. Mara Bangun Harahap, MS. Kelas Ilmu Sosial dan Ilmu Hukum terdiri dari Prodi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bimbingan Konseling, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Hukum dipandu oleh Prof. Dr. H. Syaiful Sagala, S.Sos, M.Pd. Kelas Bahasa dan Humaniora yang terdiri dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam dipandu oleh Prof. Amrin Saragih PhD, MA, DTEFL.

 

Peserta workshop mempersentasikan RPS yang telah disusun Kelompok per Prodi dan mempraktekkan cara mengajarkannya di depan semua peserta, seterusnya dikomentari oleh narasumber ataupun fasilitator. Dari Hasil workshop ini dapat disimpulkan peserta sudah lebih memahami penyusunan RPS dan penyusunan instrument penilaian.

Comments
  • test 1

    komen

  • Leave a Reply
    • Name:
    • Email:
    • Messege:
    • 500 Character remaining

    Top
    • Follows us our servcies