Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM Tapsel)  Membuka Program Studi PGRA dan PGMI
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM Tapsel) Membuka Program Studi PGRA dan PGMI
Posted By: SYULHENNI Last Update :02 September 2016 11:14:28 Comments

Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UM-Tapsel) telah berdiri sejak tanggal 12 Mei 1986. Pada usianya yang ke-30 tahun ini terus berbenah diri untuk mengikuti  perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan stakeholders. Peningkatan sumber daya manusia baik tenaga pendidik maupun non kependidikan terus ditingkat, melalui pendidikan studi lanjut maupun pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan Pemerintah maupun Persyarikatan. Bidang sarana dan prasarana juga terus dikembangkan sebagai  penunjang kegiatan pembelajaran.  Sistim Informasi Akademik merupakan salah satu bagian dari sistim informasi kampus terpadu sudah dapat diakses secara on line dengan  alamat Website Universitas um-tapsel.ac.id.

UM-Tapsel merupakan salah satu bentuk Amal Usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang pendidikan tinggi. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), konsisten dalam melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan. Pelaksanaan catur dharma keempat ini merupakan ciri khas PTM juga merupakan sinergi antara UM-Tapsel dengan Persyarikatan untuk saling membesarkan, menuju Muhammadiyah yang berkemajuan. Dalam setiap kegiatan Persyarikatan, UM-Tapsel selalu berkontribusi dan berpartisipasi.

Saat ini UM-Tapsel mempunyai enam fakultas dengan 16 program studi dengan jenjang pendidikan Starata Satu (S1) dan sudah diakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT).  Fakultas Ilmu Pendidikan dengan sembilan program studi, yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia dan Bimbingan Konseling (BK). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan program studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Hukum dengan program studi Ilmu Hukum. Fakultas Pertanian dengan program studi Agroteknologi, Fakultas Peternakan dengan program studi Petenakan. Fakultas Agama Islam dengan tiga  program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Raudhatul Atfhal (PGRA) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibthidaiyah PGMI).

 Program studi PGRA dan PGMI  diselenggarakan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor : 2013 Tahun 2016. Dibukanya prodi ini untuk menyahuti keinginan masyarakat akan perlunya pengembangan sumber daya manusia pengelola  dan tenaga pengajar PAUD, TK dan PGMI. Juga merupakan bukti nyata pengembangan diri UM-Tapsel    bidang penyelenggara proses pembelajaran yang merupakan bagian dari dharma pertama dari Catur Dharma PTM.

Semua program studi UM-Tapanuli Selatan sudah terakreditasi Badan Akreditasi NAsional Perguruan Tinggi (BAN-PT), demikian juga  institusinya. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor  1218/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2015, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, terakreditasi dengan peringkat B. Semua ini atas kerjasama UM-Tapsel dengan semua stakeholders dan masyrakat. Kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berpartisifasi diucapkan terimakasih dan mohon dukungannya untuk kemajuan UM-Tapsel. Di sisi lain ini merupakan tanggungjawab besar dari civitas akademika untuk menunjukkan hasil akreditasi tersebut dengan kerja nyata untuk mewujudkan The Real University.

 

 

Comments
Leave a Reply
  • Name:
  • Email:
  • Messege:
  • 500 Character remaining

Top
  • Follows us our servcies